Apa Itu Manajemen Pemasaran?

Apa Itu Manajemen Pemasaran?


Manajemen Pemasaran


Menurut Philip Kotler (ahli marketing dari Amerika Serikat), manajemen pemasaran adalah kegiatan penganalisisan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang menimbulkan pertukaran di pasar untuk mencapai tujuan perusahaan. Manajemen pemasaran merupakan kegiatan untuk menciptakan, mengembangkan, dan mempertahankan keuntungan usaha dan memperoleh laba sebesar-besarnya. Pihak yang bertanggung jawab memasarkan produk adalah tenaga pemasar (marketing). Tenaga pemasar ditempatkan di bidang manajemen pemasaran (marketing management).

Aspek atau unsur yang perlu diperhatikan dalam manajemen pemasaran dikenal dengan istileh bauran pemasaran (merketing mix) terdiri atas 4P, yaitu produk (product), harga (price), promosi (promotions), dan tempat atau lokasi (place). Beberapa fungsi dalam manajemen pemasaran meliputi fungsi penjualan, pembelian, pengangkutan pembelanjaan, pertanggungan resiko, standarisasi (grading), dan informasi pasar. Tidak hanya itu, bidang manajemen pemasaran juga melakukan kegiata berikut untuk mendukung aktivitas pemasaran.

1.  Melakukan riset pasar untuk mengetahui keinginan (selera) dari perilaku konsumen terhadap produk yang dipasarkan.
2.  Melakukan segmentasi atau membagi pasar dalam kelompok-kelompok konsumen yang akan dilayani perusahaan.
3.  Melakukan promosi terpadu (promotional mix) melalui periklanan, promosi penjualan, publisitas penjualan secara personal dan penjualan langsung.

Surani U

Copywriter, graphic designer, currently learning physics.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama